7Smarts

Your Personal Application Consultant

Seven Smarts Indonesia Sudah Mengintegrasikan Kebutuhan Teknis dan Bisnis Loh, Hasilnya Bisnis Jadi Lebih Maksimal

Dalam menjalankan bisnis pastinya memerlukan perencanaan yang matang agar bisnis tersebut bisa berjalan secara maksimal.

Namun, terkadang pebisnis lebih fokus pada analisis rencana dibandingkan analisis kebutuhan, padahal keduanya saling berkaitan, loh.

Mengapa demikian? Jadi sebenarnya apa sih kebutuhan teknis dan bisnis itu?

Kebutuhan teknis dan bisnis adalah dua aspek penting yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan dan operasionalisasi produk atau layanan. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kedua jenis kebutuhan ini:

1. Kebutuhan Teknis:

Kebutuhan teknis sendiri terdiri dari kebutuhan fungsional dan non-fungsional.

  • Kebutuhan Fungsional : Kebutuhan ini adalah fitur atau fungsi spesifik yang harus dimiliki oleh produk atau layanan. Misalnya, jika kamu mengembangkan aplikasi e-commerce, kebutuhan fungsionalnya mungkin termasuk kemampuan untuk menambahkan produk ke keranjang belanja, proses pembayaran, dll.
  • Kebutuhan Non-fungsional : Kebutuhan ini mencakup aspek-aspek seperti kinerja, keamanan, dan keandalan. Contohnya, aplikasi e-commerce harus memiliki waktu respons yang cepat, sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data pengguna, dan ketersediaan yang tinggi agar dapat diakses oleh pengguna kapan pun jika dibutuhkan.
2. Kebutuhan Bisnis

Berbeda dengan kebutuhan teknis, kebutuhan bisnis lebih fokus ke kebutuhan pasar dan kebutuhan organisasi. Jadi, apa sih perbedaannya? Mari simak penjelasannya berikut:

  • Kebutuhan Pasar : Kebutuhan pasar merupakan kebutuhan yang berasal dari pasar atau konsumen yang dituju. Misalnya, ‘pasar’ dapat membutuhkan produk dengan harga yang terjangkau, atau produk dengan fitur tertentu yang memenuhi kebutuhan mereka.
  • Kebutuhan Organisasi : Lain dengan kebutuhan pasar, kebutuhan organisasi merupakan kebutuhan yang spesifik untuk organisasi yang mengembangkan produk atau layanan. Hal ini bisa termasuk kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pangsa pasar, atau mencapai tujuan keuangan tertentu.

Jadi, bagaimana? Ternyata kebutuhan teknis dan bisnis itu sangat penting untuk kelangsungan bisnis kita, bukan?

Karena dalam pengembangan produk atau layanan yang sukses, penting untuk memahami dan memenuhi kedua jenis kebutuhan ini dengan baik. Kebutuhan teknis dan bisnis sering kali saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain.

Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan pasar yang menginginkan produk dengan harga terjangkau, kamu mungkin perlu mempertimbangkan kebutuhan teknis seperti penggunaan teknologi yang efisien agar dapat mengendalikan biaya produksi.

Yuk mulai terapkan analisis kebutuhan teknis dan bisnis seperti Seven Smarts Indonesia untuk hasil yang lebih maksimal.

Kalau kamu butuh konsultasi gratis, yuk hubungi Seven Smarts Indonesia.

Mereka menyediakan konsultasi gratis untuk otomatisasi bisnis Anda baik konsultasi bisnis, konsultasi pemasaran atau marketing, konsultasi IT, serta konsultasi akuntansi dan pajak.

Selain itu, Seven Smarts Indonesia juga menyediakan jasa pembuatan aplikasi seperti aplikasi android, aplikasi kasir, aplikasi dinas, pembuatan software seperti software akuntansi, pembuatan website, maupun pengembangan aplikasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera hubungi kontak Seven Smarts Indonesia untuk menuju kesuksesan bisnis Anda!

Terima kasih. Semoga informasi ini bermanfaat.*

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *