7Smarts

Your Personal Application Consultant

Apa Saja Praktik Umum System Administrator Dalam Membantu Pemantauan dan Manajemen Infrastruktur TI? Part 2

Peran system administrator dalam pemantauan dan manajemen infrastruktur TI? Pemantauan dan manajemen infrastruktur TI merupakan bagian integral dari operasi setiap organisasi atau bisnis yang mengandalkan teknologi informasi untuk berfungsi dan atau bekerja.

System administrator memainkan peran kunci dalam pemantauan dan manajemen infrastruktur TI dalam suatu organisasi atau bisnis.

Yangmana pada hakikatnya, pemantauan dan manajemen infrastruktur TI sangat membutuhkan seorang system administrator yang memang kompeten di bidangnya agar organisasi atau bisnis dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa praktik umum system administrator dalam membantu pemantauan dan manajemen infrastruktur TI yang wajib diketahui. Berikut penjelasannya:

1. Pemantauan Kesehatan Sistem

System administrator perlu melakukan pemantauan kesehatan sistem dengan menggunakan pemantauan perangkat lunak untuk memantau kinerja sistem, termasuk server, jaringan, dan aplikasi. Pemantauan ini mencakup penggunaan CPU, memori, penggunaan bandwidth, latensi jaringan, dan lain-lain.

2. Pemantauan Keamanan

System administrator wajib melakukan pemantauan keamanan secara terus-menerus untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau ancaman keamanan potensial. Ini meliputi pemantauan log keamanan, deteksi intrusi, dan pemindaian malware.

3. Manajemen Kapasitas

System administrator harus memantau penggunaan sumber daya komputer dan jaringan serta melakukan perencanaan kapasitas yang sesuai. Hal ini memungkinkan organisasi atau bisnis untuk mengantisipasi pertumbuhan dan memastikan ketersediaan sumber daya yang cukup.

4. Pemantauan Ketersediaan Layanan

System administrator wajib memantau ketersediaan layanan kritis seperti situs web, aplikasi bisnis, dan layanan jaringan. Dengan memantau ketersediaan ini, organisasi atau bisnis dapat mengidentifikasi dan merespons dengan cepat jika ada gangguan layanan.

5. Pemantauan Pemulihan Bencana

System administrator harus memantau dan menguji prosedur pemulihan bencana secara berkala untuk memastikan bahwa sistem dan data dapat dipulihkan dengan cepat dalam situasi darurat.

6. Manajemen Perangkat Lunak

System administrator wajib mengelola siklus hidup perangkat lunak, termasuk instalasi, pembaruan, serta penarikan aplikasi dan sistem operasi. Hal ini penting untuk menjaga keamanan dan ketersediaan sistem.

7. Manajemen Perangkat Keras

System administrator juga wajib mengelola perangkat keras komputer dan jaringan, termasuk server, switch, router, dan perangkat penyimpanan. Ini mencakup pemeliharaan rutin, pemantauan kesehatan perangkat keras, dan penanganan kegagalan perangkat keras.

8. Manajemen Konfigurasi

System administrator harus memastikan bahwa konfigurasi perangkat lunak dan perangkat keras diatur dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan organisasi atau bisnis. Hal ini meliputi manajemen perubahan, dokumentasi konfigurasi, dan pemantauan kepatuhan.

9. Manajemen Identitas dan Akses

System administrator wajib mengelola akses pengguna dan hak akses ke sistem dan data organisasi dan bisnis. Ini melibatkan pembuatan, penghapusan, dan pembaruan akun pengguna serta penerapan prinsip kebutuhan berbasis akses.

10. Pelaporan dan Analisis

System administrator wajib menganalisis data pemantauan untuk mengidentifikasi tren, masalah potensial, dan peluang perbaikan. Melakukan pelaporan berkala kepada pemangku kepentingan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan dan kinerja infrastruktur TI.

Kesimpulan

Beberapa praktik umum system administrator di atas dapat membantu pemantauan dan manajemen infrastruktur TI jika diterapkan dengan benar agar organisasi atau bisnis bisa beroperasi dengan lancar, aman, dan efisien.

Jadi, jika kamu sedang belajar atau sudah menjadi system administrator jangan sampai melewatkan praktik umum di atas ya.

Membahas tentang pemantauan dan manajemen infrastruktur TI atau yang lebih sering disebut IT. Kira-kira sampai sini kamu sudah paham belum?

Jika masih bingung perihal IT, yuk hubungi Seven Smarts Indonesia.

Mereka menyediakan konsultasi gratis untuk otomatisasi bisnis Anda baik konsultasi bisnis, konsultasi pemasaran atau marketing, konsultasi IT, serta konsultasi akuntansi dan pajak.

Selain itu, Seven Smarts Indonesia juga menyediakan jasa pembuatan aplikasi seperti aplikasi android, aplikasi kasir, aplikasi dinas, pembuatan software seperti software akuntansi, pembuatan website, maupun pengembangan aplikasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera hubungi kontak Seven Smarts Indonesia untuk menuju kesuksesan bisnis Anda!

Terima kasih. Semoga informasi ini bermanfaat.*

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *